Senin, 03 Januari 2011

Apa sihh wimax itu ?!


Wimax

Wimax adalah kepanjangan dari Worldwide Interoperability for Microwave Acces. Wimax ini jujur asing banget bahasanya baru saya kenal. Tapi secara garis besarnya saya baru tau kalau wimax itu merupakan akses teknologi jaringan tanpa kabel (nirkabel) yang menggunakan jaringan wireless sehingga memiliki kecepatan akses yang tinggi. Wimax bisa dibilang jaringan teknologi modern yang memiliki banyak fitur-fitur menarik, wimax merupakan turunan dari BWA. BWA itu kepanjangan dari Broadband Wireless Acces, turunan dari BWA ini itu punya kecepatan akses hingga 70 MBps.

Wimax pertama kali tuu untuk pertama kali akhirnya menjadi layanan yang dioperasikan secara komersil di Indonesia, menurut salah satu sumber harian kompas PT. First Media lah yang menjadi operator pertama yang menyediakan layanan wimax tersebut di Indonesia. Pada dasarnya wimax hampir sama dengan wi-fi (wireless fidelity) namun di Indonesia wimax tidak sepopuler wi-fi.

Karena wimax memang hampir sama dengan wi-fi cara pemanfaatan wimax pun tidak jauh beda dengan cara pemanfaatan layanan dengan menggunakan jaringan wimax. Sekarang wimax sudah makin modern bahkan wimax sedang menjalankan studi koeksistensi untuk memastikan statusnya agar bisa dikatakan memiliki teknologi 3G.

Wimax memang baru saya dengar namun sesuai artikel yang saya buat dari beberapa sumber diatas sedikit banyaknya saya dapat menangkap bahwa fungsi wimax tidak jauh beda dengan jaringan wi-fi yang sering saya pakai lewat telepon seluler.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/WiMAX
http://tekno.kompas.com/read/2010/06/28/12164046/Sitra.Wimax.Layanan.4G.Pertama.di.Indonesia
http://netsains.com/2008/02/wimax-seberapa-jauh-indonesia-siap-mengimplementasikannya


0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda menjadi suatu inspirasi saya :}