Jumat, 04 Mei 2012

Broker Penyedia WebHosting Lokal

Sebelumnya saya udah share mengenai beberapa penjelasan mengenai domain DISINI dan hosting DISINI, Sekarang saya lagi mau share aja beberapa broker atau website penyedia layanan yang jual domain dan hosting yang sepertinya patus kita acungin jempol. Kenapa saya bilang gitu ternyata Indonesia memiliki banya broker yang menyediakan layanan tersebut.

Awalnya saya bingung dikenali dengan yang namanya domain dan hosting, karena mungkin bagi yang masih awam belum mengenal betul apa itu domain dan hosting dan kenapa kita harus menggunakan keduanya untuk website kita. Saya jga sudah memiliki domain sederhana yang udah saya punya untuk blog saya tutorialnya ada DISINI . Mau tau gunanya apa kita mempunyai domain dan hosting?

Saya ilustasikan disini bahwa suatu website atau alamat situs pribadi atau yang bersifat kelompok merupakan tempat atau wadah bagi kita menyediakan sarana informasi bagi para pengguna website. Alamat website kita tentu akan dicari banyak orang munkin hingga mancanegara apalagi klo website kita sudah banyak dikenal. Karena website merupakan sarana yang layak untuk berbisnis didunia maya maka lahirlah tempat atau suatu wadah bagi file-file atau postingan kita yang kita simpan di alamat website kita yaitu hosting. Komputer aja kan perlu tempat yang namanya Hardisk, RAM, ROM dsb sebagai media penyimpanan file yang ingin kita simpan didalam komputer kita kurang lebih fungsi hosting sama seperti storage atau tempat penyimpanan.

 Nah sekarang untuk domain, tidak mungkin komputer mengenali nama alamat kita dengan tulisan huruf biasa atau alfabet sehingga lahir sistem pengkodean ASCII yang banyak untuk kode atau simbol-simbol yang dibuthkan komputer karena pada dasarnya komputer hanya mengenal true and false yaitu angka 1 dan 0 saja. Untuk mengatisifasinya dalam pembuatan website kita memerlukan alamat menuju website kita dan kita gunakanlah domain sebagai sarana kita untuk mempublikasikan nama alamat website kita , gak mungkin juga dong mengakses alamat domain kita pake kode-kode ASCII yang digunakan komputer yang ada orang males berkunjung ke website kita. Misal jika komputer dapat mengakses alamat website kita melalui http nya dengan kode 7652-102-100 tapi orang mengenalnya dengan misal www.iColection.com , ini hanya contohnya saja sebagai ilustrasi saja.

Nah gimana tau apa gunanya domain sama hosting kan sekarang? klo udah sekarang saya mau jelasin gimana caranya punya domain. Domain itu ada yang gratis ada juga yang berbayar tapi resikonya tanggung sendiri klo pake yang gratis hehehehe.... Kenapa? karena bisa aja disaat kita mau mengakses domain kita tiba-tiba gak bisa kebuka apalagi ko hostingnya juga gatis itu lumayan merugikan buat kita. Cuman klo sifatnya untuk tahap pembelajaran boleh lah.

Berikut beberapa website atau broker penyedia layanan domain dan hosting yang berbayar :
sampai jumpa di artikel selanjunya dan semoga bermanfaat bagi anda :)

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda menjadi suatu inspirasi saya :}