Kamis, 05 April 2012

Mengenal Web Server

Sebelumnya kita mengenal istilah HTTP atau Hypertext Transfer Protocol yang biasa ada pada alamat URL yang akan kita tuju. Apa itu HTTP? HTTP adalah suatu alamat dalam bentuk format halaman yang berfungsi untuk mengirim suatu informasi kepada sebuah web server sehingga informasi yang dikirim lebih mudah dimengerti oleh user. 
Jadi disini web server merupakan suatu ujung tombak atau sebuah software layanan data yang berfungsi menerima data yang dikirim oleh HTTP melalui web browser dan mengirimnya kembali menjadi data dalam bentuk halaman-halaman web yang kita kenal dengan HTML. Menurut buku yang saya baca terbitan Informatika oleh M. Shalahuddin dan Rosa A.S dengan judul Java Di Web. HTML merupakan suatu format data yang digunakan untuk membuat dokumen hypertext atau teks pada komputer yang memungkinkan user saling mengirimkan informasi. 
Sperti kita tahu web server merupakan salah satu syarat kita untuk memiliki alamat website kita sendiri yang dapat diakses oleh seluruh komputer yang ada didunia dengan pemanfaatan HTTP yang digunakan oleh World Wide Wibe (WWW) sehingga akan komputer saling terhubung oleh jaringan internet yang mencakup seluruh dunia.

Macam-macam aplikasi Web Server :
  • Web Server Apache
  • Web Srver Listepeed
  • Web Server Nginx
  • Web Server IIS
Dari macam-macam web server diatas memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Contohnya saja Web server Apache server yang satu ini memiliki kelebihan karena server tersebut adalah open source gratis pula klo mau download. Nah yang paling bagusnya adalah Web server IIS lebih kompatibel bagi Anda yang menggunakan OS dari Windows karena IIS adalah keluaran dari Microsoft. Namun kekurangan IIS harganya mahal alias gak gratis loh hahaha.. ....

Tunggu artikel selanjutnya semoga lebih menarik dan semoga bermanfaat :}

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda menjadi suatu inspirasi saya :}