Rabu, 21 Maret 2012

CMS sebagai Bisnis Online

Klo sebelumnya kita udah pernah bahas pengertian CMS atau Content Mangement System. Fungsi CMS itu kan untuk memanipulasi atau merubah dan mengatur conten dari segi desain, isi, fitur tampilan dari sebuah web. CMS itu seperti aplikasi sebagai mangement yang mengatur segala apapun yang terdapat pada tampilan website kita. CMS memiliki dua elemen penting yaitu sbb :



  • CMA atau Content Management Applications yaitu merupakan sebuah aplikasi manajemen isi yang memungkinkan seoran manajer isi merubah atau memanipulasi kode HTML (HyperText Markup Language) untuk mengatur kode tersebut sesuai keinginan si manajer tanpa memiliki keahlian apapun
  • CDA atau Content Delivery Application yaitu merupakan aplikasi pengiriman isi yang mengunakan dan menhimpun informasi apapun yang telah ditambah dikurangi atau diubah oleh yang punya situs web untuk mengup-date web tersebut.
Nah jenis CMS itu banyak tapi saya ulas sedikitnya aja yaa sesuai dengan fungsinya yaitu ada yang untuk blog, galery image ada juga tentang e-commerce. Berikut beberapa jenis CMS yang Free dan banyak digunakan :
  • Drupal
  • Mambo
  • Joomla
  • Wordpress
 Nah buat yang mau coba belajar CMS download aja CMS yang saya sebutin diatas karena merupakan CMS yang free alias gratis hahha.... Ngomong-ngomong soal CMS bisa juga digunakan untuk berbisnis online, saya memang belum paham betul tentang CMS namun melihat dari fungsinya yang sangat mendukung sekarang sudah banyak CMS-CMS bertebaran didunia maya dari mulai yang gratis dan berbayar. Manfaat CMSnya itu untuk apa sii? Berikut beberapa keuntungan CMS :
  • Content mangement blog/wesite pribadi
  • Pembangunan Website pribadi, perusahaan atau bisnis.
  • Portal.
  • Galeri foto.
  • Aplikasi E-Commerce.
  • Dll.
Sekarang kenapa CMS bisa dibilang sebagai media untuk berbisnis online, saya bisa bilang banyak banget. Tapi hal yang mendasar yang bikin CMS jadi ladang bisnis tu model periklanan online karena sekarang udah banyak banget CMS yang bisa di modifikasi dengan kode html bayak iklan yan sekarang sudah dalam bentuk html sehingga mudah di tempel di website kita dan jika terjalin kerjasama yang baik dan kita utung lumayan bisa dapet duit dari jasa periklanan. Kemudian sebagai pemandu pembuat website dengan jasa pembuat website di sekolah-sekolah, perguruan tinggi atau bahkan di pemerintahan. Sekarang juga di Joomla salah  satu jenis CMS sudah bisa melakukan pemesanan secara online sehingga website kita bisa kita jadikan tempat jualan atau online store walau produk yang kita jual adalah produk orang lain.

Bahkan sekarang udah banyak CMS yang open source jadi kita bisa sedikt belajar cara kerja CMS itu berjalan. Mungkin kita bisa memodifikasi sedikit jadi kan enak punya CMS sendiri untuk website pribadi kita lagi. Klo udah bisa kaya gtu kita bisa memanfaatkannya untuk berjualan online, kan setelah mengamati open sourcenya kemudian pelajari, terus tiru modifikasi dikit atau mungkin modifikasi secara keseluruhan udah ready CMSnya udah OK jual deh. Everything everyday everytime where your wish something to do there is definite a way for you.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda menjadi suatu inspirasi saya :}