Minggu, 18 Maret 2012

Mengenal apa itu Viral Marketing ?

Viral Marketing denger kata “marketing” nya aja kita pasti udah bisa nebak apa itu viral marketing? Viral marketing sama halnya dengan bisnis-bisnis online di dunia maya. Tapi kebanyakan orang menyebut viral marketing sebagai penyebar virus wah qok bisa yaa? Hahaha... mau tau gak kenapa? Saya jelasin sedikit tentang viral marketing ini kenapa sampai dibilang penyebaran virus. Viral marketing adalah sebuah sistem pemasaran yang multifungsi karena pelaku pemasaranya itu adalah pelanggan dari produk yang mereka pasarkan. Bisa berupa video, teks, message, suara, gambar dan lain sebagainya atu mungkin dengan bantuan jaringan internet seperti misalnya lewat website produk kita sendiri.



Misal si Budi membeli seperangkat game original disalah satu produsen dan karena game tersebut banyak dicari orang iyah jadikan itu sebagai modal bisnis kecil-kecilan dia mulai bertingkah seperti virus yang menyebarkan kepada temabn-temannya mengenai game yang dia beli disalah satu produsen kebetulan dia beli secara online akhirnya dia mulai memberikan info pemasaran game tersebut dari teman satu ke teman lainnya seperti berantai. Dan dalam menyebarkan info pemasaran gamenya itu budi bisa menggunakan metode dari mulut ke mulut dari email ke email dari blognya atau dari aku jejaring sosial yang dia punya tergantung budi secara tidak langsung budi sudah menjalankan model bisnis viral marketing yang menjadikannya sebagai pelaku bisnis yang merangkap menjadi pelanggan. Gimana ngerti nggak?

Yasudah lahh kita lanjut ajaa :}

Viral marketing atau iklan vvirus atau buzz pemasaran kita sebut aja kaya gtu menurut profesor pemasaran Andreas Kaplan dan Michael Haenlein untuk membuat pekerjaan pemasaran viral, tiga kriteria dasar yang harus dipenuhi yaitu, memberikan pesan yang tepat, kepada utusan tepat, di lingkungan yang tepat. Kenapa demikian? 

Karena kita mau menyampaikan informasi apa lagi berhubungan dengan pemasaran seperti viral marketing kita harus tau produknya apa fungsi produk kita apa dan terjangkau atau tidak untuk customer. Kemudian kita juga harus tau siapa yang akan kita beri informasi yang mengarah kepada customer kita nantinya, jangan samapi kita mau memasrkan suatu produk mebel misalnya tapi kita pasarkan pada anak SMA itu kan gak nyambung hehehehe..... Dan yang terakhir kita juga harus perhatikan lingkungan pemasarannya klo kiranya di pedalaman dan sulit terjangkau oleh kita sebaiknya cari lingkungan yang memang merupakan tempat pemasaran yang cocok. Kalo kita udah punya tiga kriteria tadi dan sudah mantep tinggal pilih produk apa yang bakal kita pasarkan lewat viral marketing ini. Bisa berupa apa aja yang penting bermanfaat, misal software-software canggih, alat-alat elektronik, games, aksesoriss, pakaiain, sepatu dan lain sebagainya, mobil mungkin hhahaha...

Nah selamat mencoba yaa semoga dapat pencerahan buat berbisnis.... mari kita berbisnis walau mula dari yang terkecil dan belum tentu sukses tapi apa salahnya kita mencoba trust be your self you can do it :}


0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda menjadi suatu inspirasi saya :}