Viral Marketing denger kata
“marketing” nya aja kita pasti udah bisa nebak apa itu viral marketing? Viral
marketing sama halnya dengan bisnis-bisnis online di dunia maya. Tapi
kebanyakan orang menyebut viral marketing sebagai penyebar virus wah qok bisa yaa?
Hahaha... mau tau gak kenapa? Saya jelasin sedikit tentang viral marketing ini
kenapa sampai dibilang penyebaran virus. Viral marketing adalah sebuah sistem
pemasaran yang multifungsi karena pelaku pemasaranya itu adalah pelanggan dari
produk yang mereka pasarkan. Bisa berupa video, teks, message, suara, gambar dan lain
sebagainya atu mungkin dengan bantuan jaringan internet seperti misalnya lewat
website produk kita sendiri.
Misal si Budi membeli seperangkat
game original disalah satu produsen dan karena game tersebut banyak dicari
orang iyah jadikan itu sebagai modal bisnis kecil-kecilan dia mulai bertingkah
seperti virus yang menyebarkan kepada temabn-temannya mengenai game yang dia
beli disalah satu produsen kebetulan dia beli secara online akhirnya dia mulai
memberikan info pemasaran game tersebut dari teman satu ke teman lainnya
seperti berantai. Dan dalam menyebarkan info pemasaran gamenya itu budi bisa
menggunakan metode dari mulut ke mulut dari email ke email dari blognya atau
dari aku jejaring sosial yang dia punya tergantung budi secara tidak langsung
budi sudah menjalankan model bisnis viral marketing yang menjadikannya sebagai
pelaku bisnis yang merangkap menjadi pelanggan. Gimana ngerti nggak?
Yasudah lahh kita lanjut ajaa :}
Viral marketing atau iklan vvirus atau
buzz pemasaran kita sebut aja kaya gtu menurut profesor pemasaran Andreas Kaplan dan Michael Haenlein
untuk membuat pekerjaan pemasaran viral, tiga kriteria dasar yang harus
dipenuhi yaitu, memberikan pesan yang tepat, kepada utusan tepat, di lingkungan
yang tepat. Kenapa demikian?
Karena kita mau menyampaikan informasi apa lagi
berhubungan dengan pemasaran seperti viral marketing kita harus tau produknya
apa fungsi produk kita apa dan terjangkau atau tidak untuk customer. Kemudian
kita juga harus tau siapa yang akan kita beri informasi yang mengarah kepada
customer kita nantinya, jangan samapi kita mau memasrkan suatu produk mebel
misalnya tapi kita pasarkan pada anak SMA itu kan gak nyambung hehehehe.....
Dan yang terakhir kita juga harus perhatikan lingkungan pemasarannya klo
kiranya di pedalaman dan sulit terjangkau oleh kita sebaiknya cari lingkungan
yang memang merupakan tempat pemasaran yang cocok. Kalo kita udah punya tiga
kriteria tadi dan sudah mantep tinggal pilih produk apa yang bakal kita
pasarkan lewat viral marketing ini. Bisa berupa apa aja yang penting
bermanfaat, misal software-software canggih, alat-alat elektronik, games,
aksesoriss, pakaiain, sepatu dan lain sebagainya, mobil mungkin hhahaha...
Nah selamat mencoba yaa semoga dapat
pencerahan buat berbisnis.... mari kita berbisnis walau mula dari yang terkecil
dan belum tentu sukses tapi apa salahnya kita mencoba trust be your self you
can do it :}
0 komentar:
Posting Komentar
Komentar anda menjadi suatu inspirasi saya :}