Sabtu, 17 Maret 2012

Macam-macam Search Engine Loka dan Non Lokal

Sebelumnya udah tau belum seacrh engine itu apa? Beberapa minggu kemarin saya udah pernah share tentang SEO atau Search Engine Optimalization yang merupakan proses meningkatkan volume atau kualitas lalu-lintas pengunjung ke situs web yang dilakukan secara sistimatis, dengan tujuan untuk mendapatkan banyak pengunjung yang berasal dari mesin pencari (Search Engine). Nah dari situ kita bisa tau dong search engine itu apa? SEARCH ENGINE adalah mesin pencarianyang ada di dunia maya berupa situs website yang bisa diakses dan digunakan oleh banyak orang sekaligus dimana pun dia berada dan kapan saja. Seacrh engine berisi puluhan, ratusan, ribuan, bahkan mungkin jutaan database yang tersimpan didalamnya. Database adalah tempat penyimpanan data, yang dirancang untuk mendukung efisien penyimpanan data, pengambilan dan pemeliharaan. Sehingga manfaat dari search engine sekarang lebih banyak digunakan oleh banyak orang karena apa pun yang ada didalamnya pasti sangat berguna apa lagi meiliki kapasitas penyimpanan database yang cukup besar. Klo sudah begitu informasi apa pun bisa tertampung didalamnya.



Ngomong-ngomong soal seacrh engine disini saya akan sebutkan beberapa search engine lokal dan non lokal.

A.  Berikut daftar search engine lokal 
  • Nowgoogle.com adalah multiple search engine yang bisa menampilkan pencarian dari multiple Search Engine saat ini seperti : Google,Bing,Ask, Yahoo, AllTheWeb, AOL, Lycos, Dogpile, AltaVista dan Clusty. Kelebihannya nowgoogle.com adalah sbb :
  • Bisa menampilkan pencarian dari sepuluh Search Engine populer.
  • Memiliki menu pencarian berdasarkan Websearch, blogs, books,images, downloads, ebook,, jobs, lyrics, music, sosialbookmark dan videos.
  • Ada menu Dropdown untuk pencarian dari berbagai bahasa di bagian tengah halaman. Pada situs ini di bagian bawahnya ada link-link yang menuju kepada beberapa layanan dari WikiMedia.
  • Incari.com adalah search engine lokal yang mudah mencari dengan keyword dua kalimat contohnya mencari Jadwal Solat di Indonsia mesin robot ini dapat menampilkan informasinya tapi kalau keywordnya seperti nama orang mesin robot pencari ini tidak dapat menampilkan informasinya.
  • Endonesia.com adalah search engine lokal, jika keywordnya nama orang mesin robot pencari ini juga susah untuk menampilkan informasinya tapi untuk kata yang umum cukup satu kalimat seperti searching tentang Komputer maka mesin robot pencari ini langsung menampilkan informasinNguber.com sama halnya dengan search engine lokal lainnya hanya saja pendapatan yang dihasilkan hanya dari iklan saja.
B.  Berikut daftar search engine lokal
  • Google adalah search engine yang terkenal dan menjadi search engine yang paling besar diurutan pertama dunia. Bahkan Google bukan hanya sebagai search engine Google juga bisa dikatakan sebagai platform karena Google sudah banyak mengeluarkan inovasi terbarunya seperti Google Chrome, ada lagi untuk iklan Google Adsense dan yang lebih canggih Google menyediakan terjemahan dari berbagai bahasa dibelahan dunia.
  • Yahoo selain Google ang kedua adalah Yahoo, kita tahu Yahoo sering kita gunakan untuk membuat email. Yahoo memang tidak sebesar Google untuk kiparahnya sebagai search engine tapi dia mampu menempati urutan kedua search engine dunia yang digunakan oleh banyak orang.
  • MSN/bing adalah mesin pencari urutan ketiga didunia keluaran dari Microsoft yang banyak diminati pula oleh banyak orang. Dan bisa dikatakan saling kejar-kejaran dengan Yahoo sesuai jumlah pengunjungnya.
  • Ask adalah search engine yang ada di dunia dan banyak digunakan oleh para user atau pengguna internet. Ask memang tak secanggih Google maupun Yahoo tapi Ask mampu menjawab pertanyaan apa pun yang kita masukan dan mengerti apapun keyword yang kita masukkan sesuai bahasa manusia maupun bahasa langka yang bukan merupakan kata kunci. Sebagian besar pendapatannya di hasilkan dari iklan.
  • AOL adalah search engine dari Amerika yang memilki kurang lebih 33.000.000 pengunjung situs per bulannya menurut data statistik eBizMBA hasil update di tahun 2012.

Sekian dulu yaa soal search engine yang ada di dunia mau lokal ataupun non lokal asal informasi bisa kita percaya dan sesuai fakta terserah kita mau pilih yang mana heheheehe....
See you :}



0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda menjadi suatu inspirasi saya :}